Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 4, No 2 (2021): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Sekolah dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Sejarah

Budiyanto Budiyanto (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)
Sumaryoto Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
24 Jul 2021

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah (2) pengaruh persepsi atas lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar sejarah (3) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah. Metode yang dipergunakan adalah survey. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitaif dengan analisis regresi ganda. Penelitian dilaksanakan pada siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan pada tahun ajaran 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel adalah stratified random sampling proporsional. Analisis data diolah menggunakan SPSS 22. Instrumen yang dipergunakan dalam bentuk angket dan penilaian akhir semester. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan sekolah dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas lingkungan skolah terhadap prestasi belajar sejarah (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar sejarah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...