Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 5, No 1 (2022): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Persepsi atas Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar Berpengaruh Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Survei pada SMA Negeri di Jakarta Selatan

Agus Budiharta (Universitas Indraprasta PGRI)
Sumaryoto Sumaryoto (Unknown)
Mamik Suendarti (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Atas Kecedersan Intelektual terhadap prestasi belajar sejarah. 2) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar sejarah. 3) Persepsi Atas Kecerdasan Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan Kuantitatif, pendekatan korelasional dan regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 90 siswa yang diambil dengan proporsional cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi atas kecerdasan intelektual dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,014. 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,977. 3).Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,013 < 0,05 dan thitung = 2,529.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...