Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Persepsi Atas Kecedersan Intelektual terhadap prestasi belajar sejarah. 2) Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar sejarah. 3) Persepsi Atas Kecerdasan Kecerdasan Intelektual dan Motivasi Belajar secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Sejarah. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan Kuantitatif, pendekatan korelasional dan regresi linier berganda. dengan sampel berjumlah 90 siswa yang diambil dengan proporsional cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1).Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi atas kecerdasan intelektual dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 23,014. 2). Terdapat pengaruh positif dan signifikan Persepsi Atas kecerdasan intelektual terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan thitung = 3,977. 3).Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Sejarah siswa SMA Negeri di Jakarta Selatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Sig = 0,013 < 0,05 dan thitung = 2,529.
Copyrights © 2022