Penelitian bertujuan untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas metode pembelajaran terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 102 Cijantung, SMP Negeri 103 Cijantung dan SMP Negeri 179 Kalisari, yang berjumlah 1100 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 80 orang siswa yang dipilih secara random. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, tehnik sampling menggunakan multistage sampling. Tehnik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan statistic Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan: Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas metode pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai: Sig.= 0,000 < 0,05 dan FH = 28,175. Terdapat pengaruh yang signifikan pengaruh persepsi atas metode pembelajaran belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai: Sig.= 0,000 < 0,05 dan tH =5,101. Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa SMP Negeri di Jakarta Timur. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai: Sig.= 0,000 < 0,05 dan tH = 5, 434.
Copyrights © 2023