Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 6, No 2 (2023): Herodotus : Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Persepsi Atas Model Pembelajaran Dan Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Asep Aang Mulyono (SMP Negeri 1 Cijati Cianjur Fakultas Pascasarjana Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi atas model pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di Kabupaten Cianjur. Sampel yang digunakan 85 siswa sebagai sampel penelitian menggunakan teknik proposional random sampling dengan regresi linear berganda. Berdasarkan hasil hipotesis dan analisis data, disimpulkan sebagai berikut : 1).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran dan konsep diri secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 dan Fhitung = 16,928, 2).Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi atas model pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,014 < 0,05 dan thitung = 2,508, 3).Terdapat pengaruh yang signifikan konsep diri terhadap prestasi belajar IPS siswa SMP Negeri di kabupaten Cianjur. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000 < 0,05 danĀ  thitung = 4,135

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...