Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 5, No 1 (2022): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Suraida Suraida (Universitas Indraprasta PGRI)
Mamik Suendarti (Universitas Indraprasta PGRI)
Hasbullah Hasbullah (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2022

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perhatian orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa SMP swasta di kabupaten Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey korelasional. Sampel diambil sebanyak 66 orang siswa yang diambil secara acak sederhana. Pengumpulan data dilakukan dengan test dan penyebaran angket langsung kepada sampel. Analisis data menggunakan statistika deskriptif seperti mencari mean, median, modus, standar deviasi, dan statistika inferensial. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan perhatian Orang tua dan motivasi belajar bersama-sama terhadap Prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial survey melalui angket dan test pada SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,000<0,05 dan Fhitung=28,471. 2) Terdapat pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar IPS survey melaui angket pernyataan siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan ditunjukkan nilai Sig = 0,000< 0,05  dan thitung = 4,363. 3)Terdapat pengaruh motivasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa SMP Swasta di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan nilai Sig = 0,013< 0,05 dan thitung = 2,562

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...