Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS
Vol 5, No 2 (2022): Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS

Pengaruh Persepsi Atas Media Pembelajaran Dan Motivasi Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Pada MTs Swasta di Kota Bogor

Marwi Marwi (Universitas Indraprasta PGRI)
Sumaryoto Sumaryoto (Universitas Indraprasta PGRI)
Syarif Hidayat (Universitas Indraprasta PGRI)



Article Info

Publish Date
20 Aug 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh persepsi media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS pada MTs Swasta di Kota Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan analisis korelasi dan regresi yang menghubungkan data yang menunjukkan pengaruh persepsi terhadap media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS. Data variabel persepsi media pembelajaran dan motivasi belajar diperoleh melalui angket yang disusun peneliti, yang mengukur hal-hal yang berkaitan dengan dua hal di atas. Sedangkan data prestasi belajar IPS diperoleh dari nilai hasil belajar, hasil uji hipotesis menunjukkan: Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi media pembelajaran dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar IPS di MTs Swasta di kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000<0,05 dan Fh= 7118,317. Terdapat pengaruh yang signifikan persepsi media pembelajaran terhadap prestasi belajar IPS di MTs Swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000<0,05 dan t= 5,917. Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS pada MTs Swasta di Kota Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig.0,000<0,05 dan t= 9,972.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

herodotus

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal yang menerbitkan artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang sosial dari berbagai macam disiplin ilmu seperti Pendidikan, komunikasi, ekonomi, humaniora, ...