Tinta Emas: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Vol 3 No 1 (2024): Mei 2024

Implementasi Model Pembelajaran Sentra Agama dengan Pendekatan BCCT dalam Membentuk Moralitas di Tk Negeri Pembina Pekalongan

Shofiani, Rissa (Unknown)
Faradisa, Fira (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2024

Abstract

Sentra agama (Imtaq) merupakan sentra yang mendidik anak untuk mengembangkan nilai moral dan agama sebagai dasar pengenalan agama Islam dan sikap mulia sebagai pengembangan kemampuan spiritual. Sentra agama inilah yang membentuk karakter-karakter Islam dari sentra-sentra yang lainnya. Pada pelaksanaan pembelajaran sentra agama (Imtaq) di TK Negeri Pembina Pekalongan dilakukan dengan cara yang berbeda antara kelompok A dan B. Materi pembelajaran siswa kelompok A hanya penyampaian huruf hijaiyah, dan pada materi siswa kelompok B sudah bervariasi seperti huruf hijaiyah, do’a sehari-hari, dan surat pendek Al-Qur’an. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran sentra agama di TK Negeri Pembina Pekalongan melalui pendekatan Beyond Center and Circle Time (BCCT). Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan atau field research. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Sentra Agama Kelompok B di TK Negeri Pembina Pekalongan menerapkan tujuh tahap yaitu: (1) Penataan Lingkungan Main, (2) Penyambutan Anak (3) Main Pembukaan, (4) Transisi 10 Menit, (5) Kegiatan Inti di Tiap-tiap Kelompok, (6) Makan Bekal Bersama, dan (7) Kegiatan Penutup. Problematika dan Solusi dalam Implementasi Model Pembelajaran Sentra Agama terdiri dari (1) Keaktifan Anak, (2) Kreativitas Guru, (3) Sarana dan Prasarana.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tintaemas

Publisher

Subject

Education

Description

tinta emas jurnal pendidikan islam anak usia dini is an international, open access, and peer reviewed journal to discuss about new findings in early childhood education, especially in muslim society. all papers are peer reviewed by at least two reviewers. tinta emas jurnal pendidikan islam anak usia ...