Sanskara Manajemen dan Bisnis
Vol. 2 No. 02 (2024): Sanskara Manajemen dan Bisnis (SMB)

Analisis Strategi Pada Perusahaan McDonald’s Dengan Menggunakan Porter’s Five Forces Model

Rian Iswanda (Universitas Gadjah Mada)
Haripin Haripin (Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Industri kuliner merupakan salah satu industri yang paling stabil karena memberikan pendapatan bagi ekonomi pengusaha, karyawan, hingga pemerintah melalui pajak resto. Salah satu bentuk industri kuliner adalah restoran cepat saji. Perkembangan restoran cepat saji itu mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Dahulu McDonald’s hanya berjualan burger, akan tetapi di Indonesia mengeluarkan beberapa produk terkait makanan khas Indonesia yaitu nasi. Mulai dari nasi ayam, bubur, hingga nasi uduk. McDonald's juga dihadapkan pada tantangan dari berbagai aspek, yang tercermin dalam model Porter's Five Forces. Meskipun terdapat tantangan seperti ancaman pesaing baru dan produk pengganti, McDonald's tetap memiliki keunggulan melalui hambatan modal yang tinggi dan strategi inovatif. Pengelolaan kekuatan negosiasi pemasok yang rendah dan daya tawar pembeli yang tinggi menjadi fokus penting untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Dengan memahami dan mengelola faktor-faktor ini, McDonald's dapat terus mengembangkan strategi yang efektif untuk mempertahankan posisi terdepannya di pasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami, menjelaskan, dan memberikan saran terkait dengan McDonald's. Metode penelitian yang diterapkan adalah analisis Porter's Five Forces. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder, dan jenis penelitian ini bersifat kualitatif. Informasi diperoleh dari berbagai sumber seperti jurnal, artikel, dan sumber lainnya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

smb

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Sanskara Manajemen dan Bisnis dengan nomor registrasi ISSN 2963-024X (Online) dan ISSN 2985-7783 (Cetak) adalah jurnal akademik yang memfokuskan pada topik-topik terkait Manajemen dan Bisnis di Indonesia dan Asia Tenggara. Jurnal ini diterbitkan tiga kali setahun (Maret-Juni, Juli-Oktober, dan ...