Budaya sekolah dapat membantu siswa meningkatkan karakter siswa di sekolah. Melalui budaya sekolah dengan pembiasaan di lingkungan sekolah berupa budaya jujur, saling percaya, kerja sama, membaca, disiplin, efisien, bersih, berprestasi, dan memberi penghargaan, diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap nilai karakter siswa. Berbagai penelitian terdahulu telah banyak mengkonfirmasi bahwa budaya sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pembentukan karakter siswa. Namun studi tunggal seperti penelitian regresi atau korelasi memiliki keterbatasan situasi tertentu seperti waktu, jumlah sampel dan konteks, sehingga hasil temuan menjadi kurang akurat. Berdasarkan Gap ini maka penelitian ini bertujuan untuk melakukan studi meta-analisis terkait pengaruh budaya sekolah terhadap pembentukan karakter siswa dengan menggunakan pendekatan meta-analisis. Desain meta-analisis yang digunakan adalah meta-analisis correlational dengan menganalisis 10 studi primer dengan jumlah sampel (N = 886) yang memenuhi kriteria inklusi yang ditentukan. Hasil analisis dengan menggunakan pendekatan fixed-effect diperoleh ukuran efek gabungan sebesar (g = 1.42; p < 0,01). Ukuran efek ini berada pada kategori "Efek Sangat Besar". Ini berarti bahwa secara keseluruhan, budaya sekolah berpengaruh sangat besar terhadap karakter siswa. Temuan meta-analisis ini dapat memberikan kesimpulan yang lebih akurat dan dapat dipercaya dibandingkan studi tunggal. Selain itu studi ini juga dapat dapat memberikan ringkasan dari semua bukti tentang topik tertentu dan membantu mengidentifikasi area penelitian yang memerlukan penelitian lebih lanjut.
Copyrights © 2024