Jurnal Ilmiah WUNY
Vol. 6 No. 1 (2024): Jurnal Ilmiah WUNY

Implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran Bahasa Jawa

Subekti, Panca Aditya (Unknown)
Verrysaputro, Exwan Andriyan (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah memaparkan implementasi model pembelajaran berbasis proyek pada mata pelajaran bahasa Jawa. Metode kualitatif deskriptif digunakan sebagai tahapan langkah dalam penelitian ini. Data-data dalam penelitian dikumpulkan  melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan Miles dan Huberman, yaitu dengan langkah 1) data dikumpulkan, 2) data direduksi, 3) data disajikan, dan 4) data disimpulkan. Informan meliputi kepala sekolah, guru, dan juga siswa. Hasil penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek ini dilaksanakan untuk materi wayang. Model PjBL ini dinamai Ngenger. Ngenger dilaksanakan dengan menyiapksan siswa kelas VII, menusun jadwal kegiatan Ngenger, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan Ngenger, melakukan penilaian kepada siswa, dan mengadakan evaluasi terhadap pelaksanaan Ngenger. 

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

wuny

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health

Description

Jurnal Ilmiah WUNY mempublikasikan berbagai hasil penelitian dan atau hasil pemikiran di bidang pendidikan, teknologi, kesehatan, dan ...