Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika perilaku konsumtif pada penggemar kpop karena memiliki interaksi parasosial dengan idolanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain fenomenologis. Lima subjek terlibat dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan partisipan yang dilakukan di Kota Yogyakarta. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) untuk mengetahui interaksi parasosial yang terjadi, kegiatan yang menyebabkan penggemar berperilaku konsumtif, alasannya, dan bagaimana perasaan mereka setelah melakukan perilaku konsumtif tersebut. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa penggemar menganggap idol kpop adalah penghibur, inspirasi, penyelamat, memberi motivasi. Sehingga dalam menunjukkan rasa cintanya penggemar membeli tiket konser, barang/merchandise dari idolanya, dan menghabiskan data internet untuk streaming untuk mendukung idolanya. Hal tersebut merupakan perilaku konsumtif karena mereka melakukannya hanya untuk kesenangan semata tanpa memikirkan kebutuhan yang lebih penting.
Copyrights © 2024