Jurnal Ekonomi dan Pendidikan
Vol. 20 No. 2 (2023)

PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS KAHOOT! PADA MATA PELAJARAN DASAR-DASAR AKUNTANSI KELAS X AKUNTANSI

Febrianti, Nadia Rizka (Unknown)
Susilowibowo, Joni (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Apr 2024

Abstract

Pengembangan Asesmen Berbasis Kahoot! Pada Mata Pelajaran  Dasar – Dasar Akuntansi Kelas X Akuntansi dipakai guna mengevaluasi pemahaman peserta didik pada elemen Ruang Lingkup Akuntansi dan Keuangan Lembaga berbantuan teknologi yakni aplikasi Kahoot! pada maksud pembelajaran perusahaan jasa dan dagang berbentuk objektif berbasis kurikulum merdeka, maka dari itu guru bisa dengan mudah memperoleh perolehan penilaian dari peserta didik berbasis kurikulum yang berlaku sekarang yakni kurikulum merdeka. Asesmen berbasis Kahoot! ini dikembangkan memanfaatkan model ADDIE  (Analyzsis Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penguji cobaan diterapkan kepada 34 peserta didik kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Surabaya. Instrumen penelitian yang dipakai berbentuk lembar telaah, validasi ahli evaluasi, lembar telaah serta validasi ahli grafis, analisis item soal memanfaatkan Anates serta angket pendapat peserta didik. Perolehan validasi ahli evaluasi mendapat skor 87,5% berkriteria sangat layak, serta validasi ahli grafis mendapat skor 94% berkategori sangat layak. Penguji cobaan kepada peserta didik memperoleh respon peserta didik senilai 94% berkriteria sangat dipahami. Maka dari itu bisa diambil simpulan bahwasanya asesmen berbasis Kahoot! yang dikembangkan sangat layak serta memperoleh reaksi yang baik dari siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jep

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Ekonomi dan Pendidikan (JEP) merupakan jurnal yang diterbitkan Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang memuat artikel/naskah berupa hasil pemikiran, analisis ilmiah, kajian teori, atau hasil penelitian dalam bidang ekonomi atau ...