Pembelajaran PPKn sebagai salah satu mata pelajaran yang penting, karena berguna sebagai pembentukan peserta didik menjadi warga negara yang baik. Penyampaian materi kepada peserta didik akan lebih menarik dengan bantuan produk seperti media pembelajaran yang membangun motivasi dan kesenangannya. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan dari sebuah produk berupa game visual novel berbasis gamifikasi pada pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (RD) dengan prosedur tahap pengembangan ADDIE. Penelitian ini melibatkan 30 peserta didik kelas IV SDN Perigi 01. Data diperoleh dari observasi, wawancara, serta angket ahli dan angket respon peserta didik. Analisis data deskriptif digunakan untuk mengukur keberhasilan pengembangan. Menurut para ahli hasil validasi mnyatakan bahwa game visual novel berbasis gamifikasi sangat layak untuk diuji coba kepada peserta didik. Para peserta didik dibagi ke dalam 3 tahap uji coba, dan hasil rekapitulasi angket respon peserta didik menunjukkan hasil sangat layak untuk dipergunakan dalam pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar. Dapat disimpulkan bahwasannya pengembangan game visual novel berbasis gamifikasi berhasil dan sangat layak sebagai media pembelajaran PPKn kelas IV sekolah dasar.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024