Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran
Vol. 2 No. 1 (2023): Maret: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran (JIPP)

KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS X MATERI PLSV DAN PTLSV

Tri Cici Franciska (IKIP PGRI Pontianak)
Iwit Prihatin (IKIP PGRI Pontianak)
Marhadi Saputro (IKIP PGRI Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Konsentrasi Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Di SMK Negeri 01 Sadaniang”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, dengan bentuk penelitian study khasus yang bertujuan untuk menganalisis data berbagi fenomena-fenomea yang menjadi subjek penelitian. Peneliti memberikan pernyataan dalam bentuk angket dan tes yang tertrukstur kemudian data dianalisis secara kualitaitf deskriptif untuk mengetahui kebenaran yang terdapat pada lokasi penelitian. Data diperoleh dari hasil angket, tes, dan wawancara siswa, subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas X Multimedia SMK Negeri 01 Sadaniang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: siswa pada kategori konsentrasi belajar tinggi dapat memenuhi indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, siswa pada kategori konsentrasi belajar sedang memenuhi sebagian indikator kemampuan pemahaman konsep matematis, dan siswa pada kategori konsentrasi belajar rendah belum mampu memenuhi  indikator kemampuan pemahaman konsep matematis

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pengajaran (JIPP), dengan E-ISSN : 2962-3081 adalah jurnal ilmiah penelitian pendidikan. Jurnal ini menerbitkan artikel tentang hasil penelitian di bidang pendidikan baik dalam arti luas (pendidikan umum) maupun spesifik (mengacu pada bidang studi tertentu). Jurnal ...