Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE)
Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 No 2 2022

“METODE KOOPORATIF” PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATERI “SEJARAH MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA” MELALUI LESSON STUDY

Hamka Maulana (SMK Muhammadiyah 1 Pemalang)
Susilo Iswanto (SMK Muhammadiyah 1 Pemalang1)



Article Info

Publish Date
18 May 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang, membuat, dan mengembangkan pembelajaran diskusi kelompok kecil dalam kelas yang memanfaatkan kebebasan untuk mengemukakan pendapat, baik itu mengusulkan, menyanggah, dan memberikan saran untuk menyelesaikan masalah yang diberikan oleh pendidik / guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif, sedangkan fokus penelitian ini adalah bagaimana merancang, membuat, dan mengembangkan metode pembelajaran dengan menganalisis media gambar berbasis diskusi kelompok kecil dalam kelas pada studi mata pelajaran Tarikh. Secara umum, kriteria pendidikan dalam metode pembelajaran ini termasuk dalam kriteria baik dan sesuai dengan kurikulum yang diterapkan di Satuan Pendidikan. Ciri dan tuntutan pembelajaran dengan metode koorporatif yaitu (1) Belajar bersama dengan teman, (2) Terjadi tatap muka belajar antar teman, (3) Saling mendengarkan pendapat diantara anggota kelompok, dan (4) Belajar dari teman sendiri dalam berkelompok. Ke empat ciri dan tuntutan pembelajaran dengan metode koorporatif dapat tercapai melalui kegiatan lesson study. Kegiatan dilaksanakan pada pembelajaran materi konsep dasar evaluasi pembelajaran. Hasil analisis diperoleh data bahwa : ke-empat ciri dan tuntutan pembelajaran kooperatif ada pada setiap tahap lesson study, baik pada plan, do, check, dan act.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jlste

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE) is a refereed journal published by LitbangMu Jawa Tengah, published twice a year, always places Lesson Studies and Teacher Education in the central focus of academic inquiry. This journal, serving as a forum for the Lesson Study and Teacher ...