Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE)
Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 No 2 2022

Menyingkap Diksi Pada Puisi Dengan Metode Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Melalui Lesson Study Di Sma Muhammadiyah (Plus) Salatiga

Saptorini Hinonah (SMA Muhammadiyah (Plus) Salatiga)
Farrah Zakiyah Anwar (SMA Muhammadiyah (Plus) Salatiga)
Ma’rifata Mina Mokka (SMA Muhammadiyah (Plus) Salatiga)



Article Info

Publish Date
13 Jun 2023

Abstract

Puisi menjadi salah satu karya sastra yang diminati oleh banyak orang. Kumpulan kata yang dituangkan dalam bentuk bait-bait disampaikan melalui ungkapan indah, gaya bahasa yang bervariatif serta imajinatif membuat pembaca mampu merasakan makna yang terkandung di dalamnya. Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Kosasih (2012: 97), bahwa puisi adalah bentuk karya sastra yang menggunakan kata-kata indah dan kaya akan makna. Oleh karena itulah yang demikian tersebut menjadi daya tarik tersendiri dari sebuah karya sastra puisi. Pada jenjang pendidikan sekolah menengah atas, puisi merupakan materi wajib yang diajarkan pendidik di kelas X mata pelajaran Bahasa Indonesia. Pembelajaran puisi menjadi penting untuk dipelajari peserta didik agar dapat menuangkan pemikiran serta mengutarakan perasaan dengan melibatkan pemilihan kata, bahasa kiasan, rima, bunyi serta ekspresi untuk menghasilkan sebuah puisi yang bermakna sehingga pesan dapat tersampaikan secara utuh. Namun demikian, dalam menciptakan sebuah puisi perlu memperhatikan unsur pembangun puisi dan pilihan kata atau diksi yang tepat agar makna dapat langsung diterima oleh pembaca. Dalam hal ini, sebagian besar peserta didik cenderung bingung dan sulit menemukan variasi diksi untuk mengekspresikan ide-idenya. Untuk itu, tujuan melakukan penelitian ini adalah agar peserta didik dapat menganalisis unsur pembangun puisi. Satu diantaranya yaitu diksi, menemukan solusi untuk menambah penguasaan diksi atau pilihan kata serta menulis puisi. Dalam menemukan hasil penelitian, peneliti mengimplementasikan metode deskriptif kualitatif dan teknik library research sebagai pendukung untuk mengambil. Adapun metode pembelajaran yang diterapkan adalah Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) melalui kegiatan Lesson Study yang meliputi plan (perencanaan), do (pelaksanaan) dan see (refleksi). Setelah melakukan observasi, mengolah data dan menganalisis temuan, peserta didik dapat mengidentifikasi diksi, memahami arti diksi serta menulis sebuah puisi dengan diksi-diksi baru yang telah ditemukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jlste

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Lesson Study and Teacher Education (JLSTE) is a refereed journal published by LitbangMu Jawa Tengah, published twice a year, always places Lesson Studies and Teacher Education in the central focus of academic inquiry. This journal, serving as a forum for the Lesson Study and Teacher ...