Pengembangan diri merupakan salah satu tugas yang wajib guru laksanakan guna meningkatkan profesionalisme mereka.Pengembangan diri pada zaman sekarang ini telah dapat dilakukan melalui berbagai platform online. Namun, pemanfaatan platform daring secara optimal untuk keperluan pengembangan diri masih tergolong kurang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab rendahnya minat guru dalam menggunakan platform online untuk mengembangkan diri mereka. Penelitian ini melibatkan 50 guru sebagai partisipan untuk kemudian diwawancarai. Wawancara berlangsung selama bulan Juli 2022 dan dilaksanakan secara luring dan daring. Peneliti menggunakan wawancara semi terstruktur untuk memperoleh data penelitian. Analisis data yang digunakan menggunakan tiga langkah utama yaitu kondensasi data, tampilan data, dan verifikasi serta pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penyebab rendahnya minat para guru dalam melakukan pengembangan diri melalui platform daring adalah kegiatan mereka pasca mengajar yang harus mengurus keluarga (96%), rasa malas akibat kurangnya dorongan dan motivasi (80%), preferensi terhadap penyampaian materi secara offline (60%), lingkungan kerja (50%), dan kesulitan beradaptasi terhadap teknologi (30%).
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022