Journal of Arabic Education and Linguistics
Vol 3 No 1 (2023): Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab

Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Video Animasi Bagi Siswa Kelas VII Pondok Pesantren Darul Ishlah Bulukumba

Asrullah (UIN Aauddin Makassar)
Muhammad Yaumi (Unknown)
M. Yusuf T. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengembangkan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi, (2) Mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi. Kegunaan penelitian ini, bagi para pengajar, tentunya pengajaran berbantuan perangkat media pembelajaran berbasis video animasi ini juga membantu dalam penyampaian dan penyajian materi yang praktis dan efektif. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D), dimana pendekatan penelitian R&D merupakan suatu proses yang digunakan untuk mengembangkan dan menvalidasi produk-produk pendidikan. Penelitian ini mengacu pada model pengembangan ADDIE dengan 5 tahap utama yaitu: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada tahap implementasi program terhadap produk pengembangan dilakukan pengujian lapangan, dalam hal ini peserta didik kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Darul Ishlah Bulukumba sebagai objek uji coba. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi telah diuji dan memperoleh penilaian dan validasi oleh ahli bidang masing-masing. Skor validasi yang diperoleh dari ahli materi sebesar 47 dengan kriteria kevalidan adalah sangat valid. Skor validasi yang diperoleh dari ahli media sebesar 60 dengan kriteria kevalidan adalah sangat valid. Skor validasi yang diperoleh dari ahli bahasa sebesar 27 dengan kriteria kevalidan adalah sangat valid. Pada hasil tes belajar siswa, diperoleh nilai rata-rata siswa pada tes atau quiz yang dilakukan setelah pembelajaran menggunakan media video animasi sebesar 91,66. Maka dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran bahasa Arab berbasis video animasi berdasarkan hasil tes belajar siswa termasuk dalam kategori sangat efektif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jael

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Journal of Arabic Education and Linguistics adalah jurnal ilmiah yang mulai menerbitkan artikel semi-online pada tahun 2021 dan seluruhnya online pada tahun 2022. Jurnal ini disediakan untuk ahli linguistik Arab, peneliti dan praktisi Pendidikan bahsa Arab di seluruh dunia, dan arsiparis yang ...