Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial
Vol. 4 No. 2 (2024): April

Analisis Efektivitas Metode Pembelajaran Nested dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Pembelajaran : Sebuah Tinjauan Literatur

Dwinanda, Sella (Unknown)
Muslim, Aji Heru (Unknown)
Maemunah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Abstrak: Pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang signifikan dengan fokus pada reformasi, termasuk dalam hal metode pembelajaran. Salah satu metode yang sering diterapkan adalah model pembelajaran Nested, yang menekankan integrasi kurikulum dan pengorganisasian materi pembelajaran dalam struktur bertingkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas metode pembelajaran nested dalam meningkatkan pemahaman konsep pembelajaran. Melalui tinjauan literatur, analisis pembahasan dilakukan dengan merujuk pada berbagai sumber yang relevan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran nested terbukti efektif dalam berbagai bidang studi dan tingkatan pendidikan. Model pembelajaran terpadu ini memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir, sosial, dan mengorganisasi secara terstruktur. Berbagai penelitian menegaskan bahwa implementasi model ini telah berhasil meningkatkan sub-keterampilan siswa serta memperdalam pemahaman konsep pembelajaran. Kesimpulan ini memberikan pemahaman lebih lanjut mengenai pentingnya model pembelajaran nested sebagai alat yang efektif dalam memfasilitasi proses pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

aksiologi

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Aksiologi : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial merupakan Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Indonesian Journal Publisher, ISSN ONLINE 2747-2752 , Portal ISSN ISSN Print 2774-5686. Proses telaahnya Double Peer Review untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan ilmu sosial, yang terbuka ...