Besarnya peluangĀ menjadi peneliti di Indonesia harus diimbangi dengan pemahaman yang baik bagi para calon peneliti, maupun dosen. Pendidikan tinggi merupakanĀ pusat pengembangan intelektual. Hal ini didukung oleh tiga dharma perguruan tinggi: pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Salah satu permasalahan penelitian di Indonesia adalah jumlah mahasiswa dan dosen yang tidak sebanding dengan jumlah publikasi yang diterbitkan. Hingga tahun 2019, Indonesia hanya menerbitkan 34.007 jurnal yang terindeks Scopus, dari 4.607 perguruan tinggi dan 177.000 dosen dan peneliti yang terdaftar dalam Indeks Sains dan Teknologi (Sinta). Salah satu penyebab rendahnya publikasi ilmiah para peneliti Indonesia adalah kurangnya pemahaman dan minat terhadap penelitian, khususnya di kalangan mahasiswa.Disamping itu pemahaman dosen tentang alat bantu untuk meneliti belum maksimal. Oleh karena itu diadakan kegiatan Pelatihan penggunaan VosViewer untuk meningkatkan kualitas penelitian dosen. Kegiatan ini berjalan dengan lancar.
Copyrights © 2023