Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan sekolah Tingkat dasar. Dalam hal ini Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang akan mengimplementasikan kurikulum merdeka. Sebagaimana kurikulum merdeka yang telah ditetapkan oleh Kemendikbudristek dan Menteri Agama RI. Keputusan pada nomor 347 tahun 2022 tentang pedoman implementasi kurikulum Merdeka pada madrasah serta platform Merdeka belajar. Implementasi kurikulum merdeka di MI menjadi tuntutan dalam madrasah. Penelitian ini menggunakan penelitian studi pustaka (library research). Kurikulum merdeka pada Madrasah Ibtidaiyah dilaksanakan dalam proses pembelajaran sesuai denggan kemampuan peserta didik yang memberi ruang lebih untuk membentuk karakter dan kompetensi dasar. Kemampuan karakter mendukung pembelajaran interaktif dengan mengembangkan kemampuan dan memiliki karakter berakhlak mulia, kebhinekaan, kemandirian, bernalar kritis dan kreatif, Kurikulum merdeka di MI dikembangkan dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan. Implementasi disesuaikan dengan keperluan dan karakteristik peserta didik yang dapat memudahkan dalam pembelajaran, tidak ada rasa terbebani dalam pelaksanaan pembelajaran di MI. Proses implementasi kurikulum merdeka di MI lebih mendalam, menyenangkan dan merdeka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024