Ta'diban: Journal of Islamic Education
Vol 4 No 2 (2024): Januari-Juni

Peningkatan Kemampuan Daur Ulang Sampah Anorganik Melalui Pembelajaran Berbasis Ekoliterasi pada Siswa Sekolah Dasar

Mayada Izzatul A’yun (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban)
Irma Eka Syura (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban)
Ana Iftitaqur Rohmah (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban)
Nurhaningtyas Agustin (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban)
Ninik Hidayati (Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2024

Abstract

Pengelolaan sampah di lingkungan MI Hidayatul Umah Montong masih belum optimal karena hanya dilakukan dengan cara pembakaran. Selain itu, permasalahan lain yang ditemukan yaitu pihak sekolah belum memiliki mitra untuk memulai kegiatan daur ulang, sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan daur ulang pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan dalam mengolah sampah anorganik serta dapat mendaur ulang atau menciptakan sesuatu yang berguna bagi lingkungan sekitar. Salah satu caranya yaitu melalui pembelajaran ekoliterasi, untuk meningkatan pemahaman mengurangi sampah sejak usia sekolah dasar melalui edukasi reduce (mengurangi sampah), reuse (memakai kembali benda yang berpotensi menjadi sampah), dan recycle (mendaur ulang sampah), atau yang lebih dikenal dengan istilah 3R. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain one-group pretest & postest design. Teknik pengumpulan data melalui tes hasil belajar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik yang awalnya kurang dari 60% peserta didik yang mendapatkan hasil belajar tinggi, menjadi lebih dari 80% peserta didik dari 16 peserta didik hasil belajarnya tinggi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tadibanjournals

Publisher

Subject

Religion Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ta’diban: Journal of Islamic Education adalah Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang fokus pada pendidikan anak dari berbagai aspek dan perspektif. Jurnal ini berisi tulisan tentang gagasan konseptual, kajian dan penerapan teori, penulisan praktis dan hasil penelitian ...