Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bidang usaha yang marak berkembang di Indonesia, keberadaannya tersebar di berbagai provinsi dengan berbagai jenis bidang usaha. Jika ditinjau dari peranannya, kehadiran UMKM ini menjadi sektor potensial untuk menjaga stabilitas ekonomi, menjadi garda terdepan sebagai pilar penopang perekonomian negara, serta sebagai upaya membawa perubahan taraf hidup masyarakat menjadi lebih sejahtera. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi UMKM Bacimut di Kota Bandung dalam mempertahankan usahanya, serta mengetahui dampak keberadaan UMKM Bacimut terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yang dilakukan pada lokasi usaha Bacimut di Kota Bandung, pengumpulan data dilakukan dengan proses observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan: (1) Dalam mempertahankan keberadaan usahanya, UMKM Bacimut menerapkan strategi berupa menciptakan inovasi dan kreativitas pada produk usaha, juga memanfaatkan media sosial untuk melakukan pemasaran secara digital sehingga usahanya lebih dikenal banyak orang; (2) Dampak keberadaan UMKM Bacimut memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat khususnya dalam peningkatan ekonomi, sebab terbentuknya lapangan kerja baru, mendongkrak perekonomian usaha lainnya, juga menciptakan ladang usaha baru.
Copyrights © 2023