Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 2 (2024): APRIL - MEI 2024

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Dengan Aplikasi Thunkable Pada Mata Pelajaran Al-Qur`an Hadits

Iman Saifullah (Unknown)
Ainun Nabilah Sya`ban (Unknown)
Acep Rahmat (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2024

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan minat belajar siswa di sekolah maupun dirumah adalah penggunaan media pembelajaran yang menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan dan kevalidan media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan aplikasi Thunkable dalam mata pelajaran Al-Qur`an Hadits. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X C Madrasah Aliyah Negeri 2 Garut yang dipilih untuk mengikuti kegiatan uji coba media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android dengan aplikasi Thunkable. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah obervasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif yang diperoleh dari angket penilaian kelayakan media yang di berikan kepada ahli validasi media, ahli validasi materi, guru dan pengguna (siswa). Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh data mengenai proses pembuatan media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android denganmenggunakan aplikasi Thunkable yaitu berawal dari tahap pra produksi tahap produksi (pembuatan media menggunakan aplikasi Thunkable) serta tahap pasca produksi sehingga dihasilkan produk media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android dengan menggunakan aplikasi Thunkable. Untuk hasil kevalidan media pembelajaran matematika berbasis Thunkable oleh ahli media sebesar 74,53% dengan kategori “Layak” dan kevalidan media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android dengan menggunakan aplikasi Thunkable oleh ahli materi sebesar 92,66% dengan kategori “Sangat Layak”. Media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android dengan menggunakan aplikasi Thunkable yang dikembangkan dinilai praktis oleh validator yang artinya media dapat digunakan dengan sedikit revisi. Media yang dikembangkan dinilai efektif dilihat dari respon siswa yang positif terhadap pembelajaran yang menggunakan media sebesar 95%. Media pembelajaran Al-Qur`an Hadits berbasis android dengan menggunakan Aplikasi Thunkable juga dinilai efektif jika dilihat dari hasil belajar siswa dengan ketuntasan hasil belajar diatas KKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...