Persaingan rumah sakit yang semakin tinggi, membuat rumah sakit harus mampu memahami kebutuhan dan harapan pasien supaya keinginan pasien dapat terpenuhi dan meningkatkan kepuasaan pasien sehingga tercipta loyalitas pasien. Pasien yang loyal merupakan aset berharga yang harus dijaga oleh rumah sakit agar memiliki daya saing yang tinggi dengan pesaing lainnya di bidang pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien rawat jalan di RS Muhammadiyah Selogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian observasional-analitik yang menggunakan pendekatan waktu cross sectional. Hasil penelitian menujukkan bahwa bauran pemasaran berhubungan dengan loyalitas pasien dengan nilai signifikansi produk = 0,001, harga = 0,001, tempat = 0,001 dan promosi = 0,001. Dengan demikian, Rumah Sakit diharapkan untuk dapat meningkatkan bauran pemasaran produk, harga, tempat, dan promosi sesuai dengan kebutuhan pasien dan keinginan pasien sehingga loyalitas pasien juga meningkat di Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri.
Copyrights © 2024