Jurnal Intelek Insan Cendikia
Vol. 1 No. 6 (2024): Agustus 2024

HUBUNGAN BAURAN PEMASARAN DENGAN LOYALITAS PASIEN RAWAT JALAN RUMAH SAKIT MUHAMMADIYAH SELOGIRI

Puji Lestari (Unknown)
Anton Susanto (Unknown)
Puguh Ika Listyorini (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2024

Abstract

Persaingan rumah sakit yang semakin tinggi, membuat rumah sakit harus mampu memahami kebutuhan dan harapan pasien supaya keinginan pasien dapat terpenuhi dan meningkatkan kepuasaan pasien sehingga tercipta loyalitas pasien. Pasien yang loyal merupakan aset berharga yang harus dijaga oleh rumah sakit agar memiliki daya saing yang tinggi dengan pesaing lainnya di bidang pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan bauran pemasaran dengan loyalitas pasien rawat jalan di RS Muhammadiyah Selogiri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian observasional-analitik yang menggunakan pendekatan waktu cross sectional. Hasil penelitian menujukkan bahwa bauran pemasaran berhubungan dengan loyalitas pasien dengan nilai signifikansi produk = 0,001, harga = 0,001, tempat = 0,001 dan promosi = 0,001. Dengan demikian, Rumah Sakit diharapkan untuk dapat meningkatkan bauran pemasaran produk, harga, tempat, dan promosi sesuai dengan kebutuhan pasien dan keinginan pasien sehingga loyalitas pasien juga meningkat di Rumah Sakit Muhammadiyah Selogiri.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jiic

Publisher

Subject

Religion Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Intelek Insan Cendikia (JIIC) adalah jurnal MULTI DISIPLIN ILMU. Jurnal ini menerima artikel ilmiah dari seluruh bidang ilmu, seperti : keagamaan, pendidikan, ekonomi, sosial, kesehatan, hukum, manajemen, dan seluruh bidang keilmuan ...