Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 1 No. 3 (2024): JUNI - JULI 2024

Upaya Peningkatan Pembelajaran Teks Prosedur Siswa Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Di Kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2023/2024

Aulia Tamimi (Unknown)
Dinda Octafriyanda (Unknown)
Ratih Susanti (Unknown)
Anisah Situmorang (Unknown)
Joy Firdaus Silalahi (Unknown)
Hasanul Fikri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami dan memproduksi teks prosedur melalui penerapan model pembelajaran discovery learning. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TPM 1 di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dengan setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami struktur, kaidah kebahasaan, dan mengonstruksi teks prosedur. Pada siklus pertama, terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 15% dibandingkan dengan nilai sebelumnya. Kemudian, pada siklus kedua, terjadi peningkatan rata-rata nilai siswa sebesar 20% dibandingkan dengan siklus pertama. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model discovery learning efektif untuk meningkatkan pembelajaran teks prosedur pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Siswa menjadi lebih aktif, termotivasi, dan mampu membangun pemahaman mereka sendiri melalui proses penemuan yang difasilitasi oleh guru

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...