Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Treasure Hunt dalam meningkatkan kekatifan peserta didik kelas VIII F SMP Negeri 57 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F yang berjumlah 35 siswa. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan media pembelajaran Treasure Hunt mampu meningkatkan hasil kekatifan siswa secara signifikan. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan jumlah siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) pada setiap siklusnya. Pada transisi dari siklus pertama ke siklus kedua, terjadi peningkatan sebesar 7,06%, dan dari siklus kedua ke siklus ketiga, terjadi peningkatan lebih lanjut sebesar 5,88%. Target Indikator Pencapaian Hasil (IPH) ≥80% telah tercapai pada siklus 3. Selain itu, keaktifan peserta didik setiap siklusnya juga meningkat, terutama dalam aspek berpendapat
Copyrights © 2024