Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di MTs Maárif Sapuran. Selain itu, tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) efektif atau tidak dalam meningkatkan capaian kepribadian siswa di MTs Maárif Sapuran. Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) termasuk dalam salah satu program di kurikulum Pendidikan terbaru yaitu kurikulum merdeka. Lewat Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) diharapkan terlahir calon penerus bangsa yang memiliki kepribadian yang baik dan sesuai tujuan nasional Pendidikan. Dalam penelitian ini, kemampuan pengucapan siswa dievaluasi melalui pre-test dan post-test. Skor rata-rata pre-test adalah 51,07, dan skor rata-rata post-test adalah 69,37. Analisis statistik menunjukkan nilai t sebesar 2,690 pada tingkat signifikansi 0,05, sedangkan nilai t-tabel adalah 2,001. Karena nilai t yang dihitung (2,690) lebih besar dari nilai t-tabel (2,001), hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) secara signifikan meningkatkan kemampuan pengucapan siswa kelas tujuh di MTs Ma’arif Sapuran pada tahun ajaran 2023/2024.
Copyrights © 2024