SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 7, No 2 (2024): July - December

Nilai Budaya Startup yang Sukses: Pelajaran dari Gojek

Kartini, Ani (Unknown)
Nusantara, Abdul Hakim Satria (Unknown)
Fadilah, Zikri (Unknown)
Ikhsan, Alif M. (Unknown)
Lubis, Muharman (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Di era digital yang berkembang pesat, pentingnya budaya organisasi dalam mendorong transformasi digital tidak dapat dilebih-lebihkan. Studi ini memperkenalkan kerangka kerja komprehensif yang berakar pada evolusi budaya di GOJEK, sebuah perusahaan teknologi terkemuka di Asia Tenggara, yang menjelaskan dampak sinergis dari budaya internal, customer-centric, dan berorientasi bisnis pada transformasi digital. Berasal dari aspek penting dan analisis kasus dari perkembangan GOJEK, kerangka kerja ini mengklasifikasikan metamorfosis budaya menjadi tiga dimensi utama: Pemberdayaan Karyawan, Kepuasan Pelanggan, dan Kelincahan Bisnis. Aspek Budaya Internal berkonsentrasi pada pengembangan lingkungan tempat kerja yang memelihara otonomi, pembelajaran berkelanjutan, dan inovasi di antara karyawan. Sementara itu, budaya Customer-Centric menggarisbawahi nilai menyelaraskan pengembangan produk dan layanan dengan kebutuhan pelanggan, memanfaatkan umpan balik untuk penyempurnaan. Selain itu, Budaya Berorientasi Bisnis menggarisbawahi perlunya proses yang fleksibel dan penyesuaian pasar yang cepat untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Hasilnya menunjukkan bahwa strategi menyeluruh yang mencakup dimensi budaya ini tidak hanya meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi tetapi juga memastikan ketahanan dan kemampuan beradaptasi di medan digital yang terus berubah. Penelitian ini berkontribusi pada pemahaman tentang bagaimana transformasi budaya mendukung kemajuan digital dan menawarkan wawasan praktis bagi organisasi yang ingin menavigasi seluk-beluk transformasi digital. . Kata Kunci: Transformasi Digital, Transformasi Budaya, Transformasi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...