SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 7, No 2 (2024): July - December

Pembajakan Produk Digital : Studi Kasus Nintendo Switch

Fadilah, Zikri (Unknown)
Syah, M. Edwin (Unknown)
Lubis, Muharman (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Industri game telah berkembang menjadi salah satu industri hiburan terbesar di dunia. Emulator game memungkinkan pengguna untuk memainkan game-game dari. Salah satu emulator yang menjadi perhatian adalah emulator Yuzu bersifat open-source. Meskipun emulator ini dapat digunakan untuk keperluan riset, namun juga membuka peluang untuk pembajakan game. Nintendo menuntut Yuzu atas pelanggaran Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) karena membuka proses enkripsi perangkat lunak Nintendo dan menyebabkan pembajakan game Switch. Penyebab utama pembajakan melalui emulator adalah kemajuan teknologi, harga game yang tinggi, dan dukungan dari komunitas tertentu. Kasus ini menunjukkan pentingnya melindungi HAKI di industri game dan mencari solusi yang efektif untuk memerangi pembajakan. Kata Kunci: Pembajakan digital, pelanggaran HAKI, nintendo, emulator yuzu

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...