SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 7, No 1.1 (2024)

Pengaruh Kualitas Pelayanandan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Kopi Janji Jiwa Rungkut Surabaya)

Rahman, Salsabila Ramadhani (Unknown)
Andarini, Sonja (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 May 2024

Abstract

Saat ini setiap perusahaan dituntut untuk menjaga dan meningkatkan kepuasan pelanggan untuk mencapai tingkat loyalitas pelanggan yang tinggi karena berguna bagi perusahaan dapat bertahan dalam persaingan yang semakin ketat dan kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan sebagai variabel intervening pada Kopi Janji Jiwa Rungkut Surabaya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif karena dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa angka-angka. Populasi dalam penelitian ini yaitu konsumen yang membeli dan mengonsumsi produk Kopi Janji Jiwa Rungkut Surabaya. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 100 responden. Sumber data diambil melalui kuesioner, buku, website dan literatur. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan Google Form. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Partial Least Square dengan bantuan software SmartPLS 4.0 untuk menguji hubungan antara satu atau lebih variabel independen dengan variabel dependen. hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, kepercayaan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, kepuasan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Serta kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan. Kata Kunci; Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Loyalitas Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...