SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2.1 (2023)

Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Toko terhadap Kepuasan Konsumen pada Usaha Foto Copy Bima Karya di Kabupaten Mamuju

R, Muh. Ryan Assidiq (Unknown)
Fajariani, Nur (Unknown)
Halim, Agus (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas pelayanan dan citra toko terhadap kepuasan konsumen pada Usaha Foto Copy Bima Karya di Kabupaten Mamuju. Metode penelitian yang digunakan yakni dengan menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang menggunakan kuesioner. Responden dalam penelitian seluruh konsumen yang melakukan pembelian pada usaha foto copy Bima Karya di Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat, sampel yang digunakan dengan teknik accidental sampling dengan jumlah sampel 30 responden. Rumus yang dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda, uji validitas, uji reliabilitas, regresi linear berganda, uji t, dan uji f. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan kualitas pelayanan dan cirta toko berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan konsumen pada usaha foto copy Bima karya di Kabupaten Mamuju. Kualitas pelayanan dan cirta toko berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan konsumen pada usah foto copy Bima Karya di Kabupaten Mamuju. Kata Kunci : kualitas pelayanan, citra toko dan kepuasan konsumen Abstract This study aims to determine the effect of service quality variables and store image on customer satisfaction at the Bima Karya Photo Copy Business in Mamuju Regency. The research method used is to use quantitative methods with primary data using a questionnaire. Respondents in the study were all consumers who made purchases at the Bima Karya photo copy business in Mamuju Regency, West Sulawesi, the sample used accidental sampling technique with a sample size of 30 respondents. The formula in this study uses multiple linear regression, validity test, reliability test, multiple linear regression, t test, and f test. The results in this study indicate that service quality and store cirta have a positive and significant effect partially on customer satisfaction at the Bima Karya photo copy business in Mamuju Regency. Service quality and store image have a significant effect simultaneously on customer satisfaction at the Bima Karya photo copy business in Mamuju Regency. Keywords : service quality, store image and customer satisfaction.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...