Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara
Vol. 5 No. 3 (2024): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) Edisi Mei- Agustus

Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Kelas Bagi Guru Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Mempawah

Sulistyarini Sulistyarini (Universitas Tanjungpura)
Endang Purwaningsih (Universitas Tanjungpura)
Witarsa Witarsa (Universitas Tanjungpura)
Thomy Sastra Atmaja (Universitas Tanjungpura)
Jagad Aditya Dewantara (Universitas Tanjungpura)
Shilmy Purnama (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2024

Abstract

Pemerintah telah serius mengimplementasikan program-program pendidikan karakter melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Namun, degradasi karakter moral masih tetap terjadi dan bahkan mengkawatirkan bagi perkembangan kepribadian dan karakter anak di tingkat usia sekolah. Dugaan kelemahan implementasi program ini, karena masih banyak guru yang belum memahami secara komprehensif pelaksanaan program PPK berbasis kelas yang diamanahkan oleh pemerintah. Berlandaskan pada persoalan ini, maka perlu adanya upaya nyata dari berbagai pihak khususnya Perguruan Tinggi untuk terlibat mensosialisasikan program tersebut pada level sekolah dan masyarakat. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru-guru Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terhadap implementasi program PPK berbasis kelas. Alur pelatihan dilaksanakan sebagai berikut: (1). menyajikan materi mengenai upaya penguatan pendidikan karakter melalui integrasi nilai-nilai karakter pada setiap mata pelajaran; (2). menyajikan materi mengenai upaya penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan manajemen kelas. Hasil kegiatan PKM ini yakni : (1) Terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru mengenai upaya mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam setiap mata pelajaran yang dapat dilakukan melalui langkah-langkah: melakukan analisis terhadap Kompetensi Dasar (KD) dan identifikasi terhadap nilai-nilai karakter yang terkandung dalam materi pembelajaran, mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang mendukung penguatan karakter; (2). Terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru untuk melakukan penguatan nilai-nilai karakter peserta didik melalui kegiatan manajemen kelas, yaitu bersama-sama dengan peserta didik guru membuat kesepakatan kelas mengenai kewajiban mendengarkan dan menyimak penjelasan guru, etika mengajukan pertanyaan atau tanggapan, sanksi keterlambatan mengumpulkan tugas, kewajiban saling tolong menolong dalam melaksanakan aktivitas pembelajaran; (3). Terjadi peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru mengenai kegiatan literasi untuk melakukan penguatan nilai-nilai karakter peserta didik, melalui proses mengintegrasikan ke dalam mata pelajaran dan proses pembelajaran, melibatkan peserta didik dalam kegiatan membaca, menulis, menganalisis suatu tema atau topik dari berbagai sumber, serta menyediakan sumber-sumber informasi seperti buku-buku, surat kabar, dan internet di perpustakaan sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal JPkMN adalah jurnal yang diterbitkan oleh lembaga sistem informasi dan teknologi (SISFOKOMTEK) medan yang bertujuan untuk mewadahi tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. JPkMN (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara) adalah wadah informasi berupa hasil pengabdian, studi ...