Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan public speaking dan kepercayaan diri siswa Sekolah Dasar Katolik Witihama melalui pelatihan yang dilakukan menggunakan metode PAR (Participatory Action Research). Metode ini melibatkan partisipasi aktif dari guru dan siswa dalam proses pelatihan yang berlangsung selama 4 bulan, dari September hingga Desember, dengan melibatkan sekitar 150 siswa. Tahapan pelatihan meliputi persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap persiapan, dilakukan koordinasi dengan pihak sekolah, sosialisasi program, serta pemeriksaan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung seperti mic, pointer, komputer/laptop, proyektor, dan software. Tahap pelaksanaan meliputi pemberian materi, praktik public speaking, dan umpan balik kepada siswa. Pelatihan dilakukan secara luring untuk memastikan efektivitas dalam kondisi psikologi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan public speaking siswa meningkat signifikan setelah mengikuti pelatihan. Siswa yang awalnya pasif menjadi lebih berani tampil di depan umum, dan kualitas presentasi mereka mengalami peningkatan dalam hal kejelasan, intonasi, dan penggunaan bahasa tubuh. Metode luring terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa. Keunggulan pelatihan ini termasuk peningkatan partisipasi aktif siswa dan dukungan kuat dari pihak sekolah, meskipun terdapat tantangan dalam hal kebutuhan sumber daya dan beberapa siswa yang masih merasa gugup. Melalui penyesuaian dan pengembangan lebih lanjut, program ini memiliki potensi untuk memberikan dampak yang lebih besar dan berkelanjutan bagi siswa di Sekolah Dasar Katolik Witihama dan sekolah lainnya.
Copyrights © 2024