SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2.1 (2023)

Analysis of Strategy Planning Using The Business Model Canvas (BMC) at CV Nur Khairunnisa in Makassar

Makatallu, Arafat Buyung (Unknown)
Kadir, Rahman (Unknown)
Kadir, Nuraeni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2023

Abstract

Tujuan dari temuan ialah mengkaji perencanaan strategis pada CV Nur Khairunnisa di Makassar dengan menggunakan teknik business model canvas (BMC). Pendekatan kualitatif adalah metodologi yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis deskriptif dan analisis ketiga fase perumusan strategi membentuk analisis data. Business Model Canvas (BMC) dan analisis SWOT merupakan teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini untuk menetapkan elemen internal dan eksternal setiap blok di BMC. Alat-alat ini digunakan untuk merancang strategi. Toko retail berada pada posisi agresif yang dibuktikan dengan temuan analisis SWOT yang dilakukan terhadap CV Nur Khairunnisa. Ia berada pada posisi internal terkuat. Rencana pengembangan bisnis dilaksanakan dengan memanfaatkan teknik analisis SWOT dan business model canvas (BMC) untuk menggunakan seluruh kekuatan yang ada dan memanfaatkan kemungkinan-kemungkinan yang ada saat ini. Teknik business model canvas (BMC) digunakan untuk menyusun rencana pengembangan bisnis, dan telah diterapkan dengan cukup baik. Namun demikian, berdasarkan analisis SWOT, desain kanvas model bisnis menggabungkan sejumlah rekomendasi strategi baru untuk setiap komponen yang ada. Penciptaan sumber daya penting, penambahan struktur harga, dan undangan klien untuk menjadi dropshipper atau reseller sebagai interaksi dan saluran pelanggan yang penting untuk meningkatkan aliran pendapatan adalah beberapa teknik yang disarankan untuk komponen ini. Kata Kunci: Analisis SWOT, Kanvas Model Bisnis (BMC)

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...