Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah
Vol. 3 No. 1 (2024): Kesejarahan Nasional, Lokal dan Pembelajaran Sejarah

JAMBI MASA KOLONIALISME DAN IMPERIALIASME SEBAGAI SUMBER PEMBELAJARAN SEJARAH: STUDY KASUS PERKEMBANGAN PERDAGANGAN PEMERINTAH HINDIA-BELANDA (1906-1942)

Dimas Rizqi Rinaldi (Unja)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Jambi merupakan salah satu wilayah yang dikenal dengan hasil lada dan perkebunan karet yang tinggi, sehingga menjadikan daerah ini sebagai salah satu pemasok ekspor terbesar dari pulau Sumatera. Belanda secara garis besar menguasai Perdagangan di jambi. dalam pemerintahan kolonial Belanda 1906. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana Perkembangan perdagangan di Jambi pada masa Kolonial dapat dijadikan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Metode Penelitian yang digunakan dalam penulisan artikel ini yaitu metode kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa perdagangan kota jambi dapat dimanfaatkan sebagai sumber pembelajaran sejarah. Sumberpembelajaran ini juga sangat penting untuk peserta didik karena dengan adanya bahan ajar mengenai perdagangan di Kota Jambi peserta didik akan mengetahui nasionalisme bangsa dalam mempertahankan wilayahnya dari kolonial.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

krinok

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah dan Sejarah diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi ialah jurnal khusus dbentuk untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Sejarah maupun mahasiswa lain yang artikelnya berkaitan dengan fokus utama jurnal. KRINOK Unja berkerja sama dengan ...