Journal of Educational Technology Studies and Applied Research
Vol. 1 No. 1 (2024): August 2024

Analisis Potensi Karakter Vtuber Sebagai Media Dalam Program Pelatihan

Amarulloh, Naufalul Fikri (Unknown)
Degeng, I Nyoman Sudana (Unknown)
Fajarianto, Otto (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan studi awal yang memiliki tujuan untuk mengeksplorasi kelayakan penggunaan Virtual Youtuber (Vtuber) sebagai salah satu pilihan media dalam program pelatihan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menguji apakah Vtuber layak dan dapat diterapkan secara efektif dalam pelaksanaan program pelatihan dan penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah media Vtuber mampu meningkatkan keterlibatan serta pemahaman peserta pelatihan. Metode pencarian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara kepada mahasiswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Vtuber memiliki karakteristik yang unik, menarik, serta inovatif yang dapat memperkaya pengalaman belajar bagi peserta yang mengikuti suatu program pelatihan. Dengan demikian penggunaan karakter Vtuber dalam program pelatihan dapat menjadi salah satu bentuk kreativitas yang menarik dan efektif dalam menyampaikan materi kepada peserta pelatihan, terutama dengan memperhatikan integrasi yang tepat dengan pengajar manusia dan pemilihan karakter yang sesuai.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jetsar

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The focus and scope accepted in JETSAR is the ethical study and application of theory, research, and practices to advance knowledge, improve learning and performance, and empower learners through strategic design, management, implementation, and evaluation of learning experiences and environments ...