Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB)
Vol. 5 No. 2 (2024)

PEMANFAATAN ENDORSER DAN MEDIA SOSIAL UNTUK PENGEMBANGAN USAHA KUE KERING VENTE BANDUNG

Dita Amanah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Raihan Demitri Agraprana (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dedy Ansari Harahap (Universitas Islam Bandung)



Article Info

Publish Date
30 May 2024

Abstract

Studi ini dilakukan pada bisnis di Bandung yang bernama vente, yang menjual kue kering dengan berbagai jenis dan varian rasa. Hasil observasi menunjukkan adanya berbagai permasalahan yang dihadapi oleh bisnis ini yaitu promosi pada sosial media yang kurang menarik perhatian konsumen, terbatasnya modal untuk beriklan, logo dan nama bisnis yang memberikan kesan menarik, foto produk, desain dan packaging yang kurang menarik, Usaha ini masih menggunakan strategi samudera merah karena tergolong baru dan banyak pesaing. Observasi dilakukan dengan sasaran ditujukan kepada pemilik dan karyawan usaha ini dengan membuat angket dan menanyakannya kepada mereka. Metode kegiatan ini dilakukan dengan memberikan penyuluhan dan percontohan penggunaan media sosial kepada pemilik dan karyawan agar mereka lebih mahir memanfaatkannya serta memberikan rekomendasi penggunaan endorser. Tujuan kegiatan ini adalah agar promosi menjadi lebih efektif, mendapatkan insight dari konsumen, mengoptimalkan foto produk di media sosial sebagai wadah periklanan dan memperluas iklan ke berbagai media sosial lainnya. Hasil yang diperoleh adalah terjadinya perubahan strategi promosi yaitu dari satu menjadi beberapa platform media sosial, perubahan logo, nama bisnis, foto dan kemasan produk menjadi lebih menarik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jailcb

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti (JAICB) adalah jurnal pengabdian kepada masyarakat yang memuat hasil pengabdian dalam bentuk pendampingan, pelatihan, penyuluhan, atau kegiatan lainnya. JAICB terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu April dan November. JAICB diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan ...