Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan antara fanatisme dengan perilaku konsumtif di kalangan remaja penggemar K-Pop di SMA Swasta Al-Manar Medan. Subyek penelitian ini adalah remaja penggemar K-pop dengan populasi 189 orang dan sampel 100 orang. Metode penelitian ini menggunakan korelasi kuantitatif, dimana penelitian korelasi kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan metode statistik yang mengukur hubungan antara dua variabel atau lebih. Metode analisis data adalah korelasi product moment. Berdasarkan perhitungan analitik r-product moment dengan nilai atau koefisien (rxy) = 0,562 dan koefisien (r2) = 0,316 p = 0,000 0,05; mean empirik = 53,05 mean hipotetik = 40, dimana selisih kedua mean lebih besar dari SD = 6,603 dan perilaku konsumsi tergolong tinggi dengan mean empiris = 62,21 mean hipotetik = 45, dimana selisih kedua mean lebih besar dari SD = 6,984.
Copyrights © 2023