Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua dalam mengembangkan kemampuan komunikasi anak usia dini 2-4 tahun dan Mengetahui kemampuan komunikasi anak usia dini 2-4 tahun. Anak usia dini mengalami perkembangan pesat dalam keterampilan berbicara dan komunikasi, yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan dan pola asuh yang diterapkan oleh orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pemgumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penerapan pola asuh orang tua terdapat tiga aspek yaitu pola asuh demokratis, pola asuh permisif dan pola asuh otoriter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola asuh demokratis cenderung lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan komunikasi anak dibandingkan dengan pola asuh permisif dan otoriter. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pemahaman tentang bagaimana interaksi antara orang tua dan anak dapat membentuk kemampuan komunikasi anak sejak usia dini. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi para orang tua dan pendidik dalam menerapkan pola asuh yang mendukung perkembangan optimal anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024