Untirta Civic Education Journal
Vol 5, No 2 (2020)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ISU KONTROVERSIAL TERHADAP PEMBENTUKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Sulkipani Sulkipani (PPKn FKIP Universitas Sriwijaya)
Edwin Nurdiansyah (PPKn FKIP Universitas Sriwijaya)
Mariyani Mariyani (PPKn FKIP Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran isu kontroversial dalam membentuk keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Adapun metode penelitian ialah Quasi Experimental Design dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Dengan istilah kelas kontrol dan kelas eksperimen. Yang menjadi sampel pada penelitian ini ialah mahasiswa pendidikan sejarah dan pendidikan Bahasa sastra semester 1  yang mengambil mata kuliah PKn. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan observasi. Adapun hasil penelitian ini diperoleh disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kebijakan isu kontroversial terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah PKn. Hasil pretest dan postets mahasiswa yang menunjukkan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rerata pretest sebesar 52,58 dan kelas kontrol 51,91. Sedangkan rerata hasil postest pada kelas eksperimen ialah 84,35 dan rerata hasil postets pada kelas kontrol ialah 81,28. Uraian data menunjukkan bahwa rerata kelas eksperimen lebih besar dari rerata kelas kontrol pada saat posttest. Untuk uji hipotesis di dapatkan pula hasil yang menujukkan pengaruh signifikan model pembelajaran kebijakan isu kontroversial terhadap kemampuan berpikir kritis mahasiswa terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada mata kuliah PKn. Dengan diperkuat hasil uji Wilcoxon diketahui Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari <0,05

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...