Penelitian bertujuan menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video pembelajaran berbasis aplikasi Bandicampada mata pelajaran PPKn materi pelanggaran HAM kelas XI SMK. Metode yang digunakan adalah research and development (R&D) sedangkan rancangan pengembangannya menggunakan model 4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate). Subjek dalam penelitian yaitu peserta didik kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).Pengumpulan data terdiri dari lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media dan angket respon siswa.Kelayakan media pembelajaran yang dikembangkan memperoleh hasil uji validasi media dengan nilai rata-rata sebesar 89% dengan kategori sangat layak., hasil uji validasi materi dengan rata-rata sebesar 93% dengan kategori sangat layak. Hasil uji respon siswa pada peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas XI dengan memperoleh skor rata-rata sebesar 93%, dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video pembelajaran berbasis aplikasi Bandicam sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran PPKn. Hasil rekapitulasi nilai pretest dan posttest N-Gain skor memperoleh nilai rata-rata 0,73. Jika N-Gain memperoleh nilai rata-rata lebih dari 0,7 maka berada pada kategori tinggi. Adapun hasil rata-rata sebesar 0,73 setelah dipersentasekan diperoleh hasil sebesar 73%. Jika hasil analasis mencapai angka lebih dari 70 persen maka dapat dinyatakan bahwa pengembangan media video pembelajaran berbasis aplikasi bandicam dapat dikatakan efektif. Kata Kunci : Video Pembelajaran, Aplikasi Bandicam, Efektivitas Belajar dan Pelanggaran HAM.
Copyrights © 2021