Untirta Civic Education Journal
Vol 6, No 2 (2021)

IMPLEMENTASI TUGAS GURU DAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KOMPETENSI SISWA

Febrian Alwan Bahrudin (Dosen Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)
Stevany Afrizal (Dosen Pendidikan Sosiologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Implementasi Tugas Guru dan Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Siswa, tempat penelitian yaitu berlokasi di SMA Negeri 7 Pandeglang, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui tentang bagaimana implementasi dari tugas guru dan kepala sekolah terhadap kompetensi siswa yang dijalankan di SMA Negeri 7 Pandeglang, pendekatan penelitian yang digunakan yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dalam implementasi tugas guru mengikuti Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Pasal 1 Ayat 1 dan implementasi tugas kepala sekolah mengikuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 Pasal 15 Ayat 1-5, implementasi tugas guru yang dilaksanakan terdiri dari mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi, indikator tugas guru tersebut sudah dilaksanakan dengan baik dan benar mengikuti Undang-Undang yang berlaku, dan implementasi tugas kepala sekolah terdiri dari menejerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi guru dan tenaga kependidikan serta tugas tambahan terdiri dari pembelajaran atau bimbingan dan promosi kebudayaan, indikator tugas kepala sekolah tersebut sudah dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan Peraturan Menteri Pendikan dan Kebudayaan, berdasarkan implementasi tugas guru dan kepala sekolah di SMA Negeri 7 Pandeglang yang mengikuti aturan berlaku diharapkan akan dapat terus meningkatkan kompetensi siswa.Kata Kunci: Tugas Guru, Tugas Kepala Sekolah, Kompetensi Siswa

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...