Untirta Civic Education Journal
Vol 6, No 2 (2021)

PENERAPAN MEDIA POSTER MATERI MEMATUHI PERATURAN PERUNDANG-UNDANGAN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII H DI SMPN 15 KOTA SERANG

Nurdiana Nurdiana (Guru PPKn SMP Negeri 15 Kota Serang)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII H di SMPN 15 Kota Serang. Metode Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021.  Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII H yang terdiri atas 34 peserta didik. Objek penelitian adalah motivasi belajar. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan tes. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan mencari rerata. Data kualitatif dianalisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media poster dalam pembelajaran PPKn materi mematuhi peraturan perundang-undangan dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya motivasi belajar pada siklus 1 yaitu 65% dengan rerata 71,4 dan pada siklus II meningkat menjadi 88,6% dengan rerata 78. Persentase peningkatan motivasi belajar dari siklus I ke siklus II adalah 17,4% Kata Kunci: Poster, Peraturan Perundang-undangan, Motivasi belajar

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...