Untirta Civic Education Journal
Vol 5, No 1 (2020)

UPAYA MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI PEMBIASAAN OPENING PAGI DI SMPN 14 KOTA SERANG

Rachmat Hardiyana (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2020

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepala SMPN 14 Kota Serang yang membiasakan anak didiknya untuk selalu mengikuti kegiatan pembiasaan opening pagi saat jam sebeum belajar dalam membina karakter disiplin siswa. Disini peneliti ingin mengukur seberapa berpengaruhnya pembiasaan opening pagi terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di SMPN 14 Kota Serang.Rumusan masalah dalam penulisan Tindakan Sekolah ini adalah (1) Adakah penerapan pembiasaan opening pagi meningkatkan karakter disiplin siswa di SMPN 14 Kota Serang.Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pembiasaan opening pagi terhadap pembentukan karkater disiplin siswa di SMPN 14 Kota Serang.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Serang.Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah dengan pengambilan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Setelah dilakukan pengolahan dan analisis data didapatkan hasil siklus I pada siswa adalah dengan ketuntasan 68, dan siklus 75 %.Dari hasil analisis dan penghitungan data, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembiasaan opening pagi dapat meningkatkan karakter disiplin siswa kelas di SMPN 14 Kota Serang. Kesimpulan dan saran, penerapan model pembiasaan opening pagi dapat meningkatkan karakter disiplin siswa kelas di SMPN 14 Kota Serang

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

UCEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Untirta Civic Education Journal (UCEJ) is a peer-reviewed scientific journal that publishes different kinds of scientific articles based on the research article, review article, and book review. All topics that we received were only articles relating to Social Science, Pancasila, Citizenship ...