Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepala SMPN 14 Kota Serang yang membiasakan anak didiknya untuk selalu mengikuti kegiatan pembiasaan opening pagi saat jam sebeum belajar dalam membina karakter disiplin siswa. Disini peneliti ingin mengukur seberapa berpengaruhnya pembiasaan opening pagi terhadap pembentukan karakter disiplin siswa di SMPN 14 Kota Serang.Rumusan masalah dalam penulisan Tindakan Sekolah ini adalah (1) Adakah penerapan pembiasaan opening pagi meningkatkan karakter disiplin siswa di SMPN 14 Kota Serang.Dengan menggunakan pendekatan kualitatif, adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan pembiasaan opening pagi terhadap pembentukan karkater disiplin siswa di SMPN 14 Kota Serang.Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 14 Kota Serang.Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Sekolah dengan pengambilan data menggunakan observasi, dan dokumentasi. Setelah dilakukan pengolahan dan analisis data didapatkan hasil siklus I pada siswa adalah dengan ketuntasan 68, dan siklus 75 %.Dari hasil analisis dan penghitungan data, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembiasaan opening pagi dapat meningkatkan karakter disiplin siswa kelas di SMPN 14 Kota Serang. Kesimpulan dan saran, penerapan model pembiasaan opening pagi dapat meningkatkan karakter disiplin siswa kelas di SMPN 14 Kota Serang
Copyrights © 2020