Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion
Vol 1, No 2 (2024): September 2024

Penerapan Media Pembelajaran Augmented Reality Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar

Ningrum Fadillah Yuniadi (Universitas Primagraha)
Riska Cintia (Universitas Primagraha)
Fadhli Dzil Ikrom (Universitas Primagraha)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi integrasi dan dampak augmented reality (AR) dalam pembelajaran matematika. Melalui tinjauan pustaka yang mendalam, studi ini mengeksplorasi bagaimana teknologi AR dimanfaatkan untuk memperkaya proses belajar mengajar matematika. Studi ini bertujuan untuk memahami efektivitas AR dalam meningkatkan pengalaman dan pemahaman siswa, serta integrasinya ke dalam kurikulum. Temuannya mengindikasikan bahwa AR secara substansial memperkaya pengalaman pembelajaran, meningkatkan tingkat keterlibatan, serta memfasilitasi pemahaman konsep-konsep yang kompleks, seperti geometri ruang dan grafik fungsi, melalui visualisasi. Selain itu, AR berperan dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa, memudahkan pemahaman materi yang kompleks, penerapan AR memiliki manfaat tambahan untuk siswa yang mengalami kesulitan belajar. Namun, tantangannya mencakup kebutuhan akan sumber daya, pelatihan guru, dan integrasi teknologi yang efektif. Solusi yang direkomendasikan meliputi pelatihan intensif bagi guru, peningkatan infrastruktur teknologi di sekolah, serta penelitian lebih lanjut mengenai implementasi pembelajaran berbasis AR. Secara keseluruhan, AR memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan pendidikan matematika, namun untuk mencapai integrasi yang optimal, kerjasama yang erat antara peneliti, pendidik, dan ahli teknologi sangat diperlukan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

MESIR

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Library & Information Science

Description

MESIR: Journal of Management Education Social Sciences Information and Religion dengan nomor ISSN terdaftar 3032-3851 (Cetak - Print) dan 3032-1883 (Online - Elektronik) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. MESIR: Journal of Management Education Social ...