E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol 4 No 2: Mei-Agustus 2024

PERAN MEDIA SOSIAL TERHADAP UPAYA STRATEGI PENINGKATAN PENJUALAN PRODUK UMKM (STUDI KASUS: KACANG MEDE “DAPUR UMI”, CILEUNGSI – BOGOR)

Christanti, Shenda Aprilia (Unknown)
Anggraeni, Devi (Unknown)
Sirait, Hermin (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jun 2024

Abstract

Perkembangan teknologi di era 4.0 membuat persaingan usaha semakin meningkat. Pelaku UMKM perlu melakukan perubahan dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi tersebut guna dapat bersaing dengan kompetitor. Akibat pandemi, banyak pelaku UMKM yang beralih ke perdagangan elektronik (e-commerce) untuk meningkatkan penjualan, tetapi hal tersebut tidak di dukung dengan kemampuan pelaku UMKM dalam menggunakan teknologi. Akibatnya, masih banyak pelaku UMKM yang tidak berkembang dan masih pada jangkauan yang sama. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan pada pelaku UMKM yaitu “Kacang Mede Dapur Umi” tentang bagaimana pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produk. Melalui media sosial, pelaku UMKM dapat memperluas jangkauan pasar, meningkatkan kesadaran merek dan mempromosikan produk atau layanan. Disisi lain, media sosial sebagai sarana penjualan produk yang efektif dan efisien serta kegiatan ini juga melakukan pendampingan dalam memanfaatkan berbagai marketplace sebagai sarana penjualan produk. Kegiatan ini menggunakan metode pendekatan kontektual yaitu dengan memberikan materi terlebih dahulu, kemudian workshop dengan mengunggah langsung produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM “Kacang Mede Dapur Umi”. Hasil kegiatan ini yaitu adanya pemahaman pelaku UMKM tentang pemasaran melalui media sosial, memahami produk yang dihasilkan dan mampu melakukan promosi melalui media sosial secara mandiri

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Amal

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions

Description

E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, with registered number ISSN 2774-8316 (print), ISSN 2775-0302 (online) is a scientific multidisciplinary journal published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) STP Mataram. It is in the ...