Masalah digitalisasi dalam pendidikan di SMK belum menjadi fokus utama sehingga, capain tujuan belajar tidak maksimal. Pengabdian melalui literasi digital bagi guru dan siswa SMK pariwisata bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam konteks penguasaan bahasa pendidikan pariwisata. Sosiaisasi dan pelatihan digital literasi diberikan untuk 20 orang guru dan siswa melalui kegiatan workshop. Metode pelaksanaan program melalui sosialisasi, pelatihan dan pendampingan. Teknik pelatihan melalui ceramah, diskusi kelompok, dan praktik langsung. Ahli dibidangnya dilibatkan untuk memberikan materi tentang pembuatan soal dan pelaksanaan pembelajaran daring dalam berbagai platform digital melalui short digital course. Hasil pengabdian ini menunjukkan peningkatan kuantitas dan kualitas guru dan siswa dalam menggunakan platform digital sehingga pembelajaran bahasa lebih efisien dan inovatif. Dapat simpulkan bahwa melalui keterampilan digital literasi, guru dapat meningkatkan ketrampilan siswa dan motivasi mereka dalam penggunaan bahasa Kegiatan ini berimplikasi positif menghadapi tantangan pendidikan yang terus terdigitalisasi sehingga memberikan dampak signifikan bagi guru, siswa, dan lembaga.
Copyrights © 2024