LAVOISIER: Chemistry Education Journal
Vol 1, No 1 (2022): LAVOISIER: Chemistry Education Journal

Pembelajaran Kooperatif Stad Dengan Media Mind Mapping Dan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia

Hasibuan, Desy Rahmayanti (Unknown)
Nasution, Annisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa  melalui pembelajaran kooperatif STAD melalui media mind mapping dibandingkan dengan hasil belajar siswa melalui pembelajaran kooperatif STAD melalui media kartu soal. Penelitian ini menggunakan metode kuasi-eksperimen. Kelompok eksperimen I dengan model kooperatif STAD dengan mind mapping, kelas eksperimen II dengan model kooperatif STAD dengan media kartu soal. Hasil pengolahan data menunjukkan siswa pada kelas eksperimen I memiliki nilai rata-rata pretest 30,00 ± 7,73 dan posttes 78,00 ± 5,75 dengan rata-rata gain sebesar 0,70. Sementara siswa di kelas eksperimen II memiliki nilai rata-rata pretest 23,00 ± 8,19 dan posttest 66,20 ± 6,42 dengan rata-rata gain 0,57. Hasil uji statistik menggunakan uji t dua pihak menggunakan data  gain diperoleh thitung sebesar 4,885 sedangkan nilai t tabel 2,021 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga t hitung t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan peningkatan hasil belajar siswa yang diberikan dalam kelas eksperimen I dan kelas eksperimen II yaitu sebesar 12,63%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Lavoisier

Publisher

Subject

Chemistry Education

Description

LAVOISIER: Chemistry Education Journal, is a journal of chemistry education published by the Department of Chemistry Education, Faculty of Education and Teacher Training, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. This journal provides readers with present developments in chemistry education ...