Penelitian ini menganalisis pemanfaatan teknologi dalam proses belajar mengajar di MAN 2 Kota Bandung, dengan fokus pada perkembangan dari metode konvensional ke era digital. Tujuannya adalah untuk mengevaluasi efektivitas, hambatan, serta upaya optimalisasi teknologi dalam pembelajaran. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, diikuti analisis model Miles & Huberman untuk mereduksi dan menghubungkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi seperti multimedia, e-learning, dan platform online telah meningkatkan efektivitas pembelajaran, memotivasi siswa, dan memfasilitasi akses materi. Namun, hambatan seperti keterbatasan akses internet, peralatan, dan keterampilan teknologi di kalangan siswa masih ada. Upaya untuk mengatasi hambatan ini melibatkan peningkatan sarana prasarana, pelatihan teknologi, dan pengembangan kompetensi digital siswa. Kesimpulannya, penerapan teknologi di MAN 2 Kota Bandung memberikan dampak positif pada mutu pembelajaran, meski perlu peningkatan dalam pengelolaan dan penyediaan sumber daya teknologi. Kontribusi penelitian ini adalah memberikan wawasan mengenai pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi pembelajaran.
Copyrights © 2024